Home > It's My Life > Tes Kepribadianku

Tes Kepribadianku

Kemarin, aku nemu buku bagus di perpus. Judulnya lumayan menarik, “Tes Kepribadian” karya Peter Lauster. Wah, dari judulnya aja udah menarik nih… Aku pinjem ah….

Setelah liat kata pengantare, ternyata tambah bikin aku penasaran. Ku buka halaman satu persatu dan akhirnya Aku memutuskan tuk ngehabisin buku ini dalam satu hari (One Day Reading).

Dan akhirnya, jadilah struktur kepribadianku, jrengg….jreeengg :

Analisa:

Kepercayaan Diri (Rata-rata Lemah)

Tingkat kepercayaan pada diri saya berada dalam batas normal cenderung agak kurang kuat. Saya cenderung merasa ragu, kuatir tentang kesan yang saya timbulkan pada orang lain dan mempunyai rasa rendah diri.

Optimisme (Kuat)

Saya mempunyai sikap yang optimis dan penuh keyakinan dalam menghadapi persoalan hidup. Karena sikap positif saya itulah yang sanggup mengatasi kegagalan-kegagalan dengan berhasil.

Kehati-hatian (Sangat Kuat)

Saya lebih berharti-hati dari kebnyakan orang dalam kelompok umur saya. Saya berusaha sejauh mungkin untuk menghidari resiko dan bermain safe setiap saat. Sikap hati-hti ini yang menyebabkan keengganan saya dalm berhubungan sosial dengan orang lain.

Ketergantungan terhadap orang lain (Lemah)

Saya cenderung menyesuaikan kelakuan dan tindakan saya dengan lingkungan. Perturan dan norma-norma konvensional sangat penting buat saya dan saya jangan melakukan apa yang ingin saya lakukan. Saya harus berusaha untuk lebih merdeka.

Ketidakmementingkan diri sendiri (Sangat Kuat)

Saya mempunyai sikap yang tidak mementingkn diri sendiri dan akan membantu teman saya. Dalm banyak hal, saya menahan keuntungan sendiri untuk membantu orang lain. Banyak orang dalam kelompok umur saya yang lebih mementingkn diri sendiri kalau dibandingkn dengan saya.

Penilaian Watak (Lemah)

Penilaian orang lain dari bentuk luarnya bukanlah keahlian saya. Jika saya mau menanggung resiko kelemahan saya digunakan orang, maka saya dianjurkan untuk menjadi seorang penilai sifat yang lebih baik dengan pengamatan yang lebih baik dan mengembangkan perasan saya.

Daya Tahan Emosi (Rata-rata Kuat)

Tingkat daya tahan emosi saya dalam menghadapi cobaan berada dalam batas yang norml sedikit kuat perkembangannya. Kadang-kdang dalam keadaan penuh cobaan saya dapat kehilangan ketenangan saya. Saya cenderung untuk menjadi kecewa karena kesalahan saya dan kehilangan keseimbangan emosi saya.

Toleransi (Rata-rata Lemah)

Tingkat toleran saya sangat kurang. Saya ingin orang lain berpikir seperti saya dan sukar menerima pendapat yang berbeda. Terhadap ide dan pendapat baru sikap saya sangt skeptis.

Ambisi (Sangat Kuat)

Saya sangat ambisius. Saya berusaha meningkatkan harga diri saya melalui hasil yang saya capai. Di masa depan berusahalah mengurangi keinginan untuk mencapai hasil yang berlebih-lebihan, karena ambisi yang terlalu besar dapat mempengaruhi hasil yang dicapai secara negatif dan buknnya secara positif.

Empati Sosial (Rata-rata Lemah)

Empati sosial saya berada dalam batas normal, cenderung berkembang kurang kuat. Kadang-kadang saya sukar untuk menempatkan diri saya dalam situasi sosial untuk memperkirakan sikap sesama manusia dengan tepat.

Categories: It's My Life
  1. November 28, 2008 at 3:58 pm

    wah, mas hafidz….kalao yang begituan sih ada banyak sekali ….. intinya, jangan terlalu percaya…

    yang tahu kamu sebenarnya hanyalah ALLAH dan kamu sendiri…..

  2. November 30, 2008 at 6:06 am

    Iya Fadh, Aku cuma iseng-iseng aja ko…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

