Home > It's My Life > Tentang Kesuksesan

Tentang Kesuksesan

Semua orang pasti kenal kata sukses. Semua orang pasti ingin sukses. Dan semua orang sangat membangga-banggakan kesuksesan. Sebenarnya apa sih sukses itu. Kok sampai se-fenomenal itu?
Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata “sukses” berarti keberhasilan mencapai sesuatu.

Sekarang tanyalah pada diri anda sendiri, apa itu sukses? dan bagaimana cara mendapatkan kesuksesan itu.
Seorang teman saya menjawab, sukses adalah kekayaan alias banyak uang. Ada lagi yang menjawab sukses adalah kecerdasan alias pinter di segala bidang. Seorang teman lagi menjawab sukses berarti terkenal.

Nah, kalo menurut saya pribadi mengartikan

kesuksesan ialah kesederhanaan untuk mencapai kebahagiaan.

Lho kok bisa? Dunia ini diciptakan dengan segala perbedaan. Tidak mungkin kita sama persis dengan orang lain. Dan kita seharusnya (kalo bisa) tidak usah meniru orang lain. Karena orang yang memiliki kelebihan pasti ada kekurangannya. Sangat memungkinkan orang yang karya raya, tapi ternyata miskin hati, miskin kepedulian. Orang yang pintar, tapi sombong dan suka membodohi orang lain. Orang yang terkenal (di dunia karir), tapi di sisi kehidupan yang lain (misalnya keluarga), dia sangat asing dan terhina. Bahagiakah mereka?

Sobat…., sesungguhnya di dunia ini, tidak ada yang dapat mengalahkan nikmatnya kebahagiaan. Kebahagiaan yang haiki ialah bukan karena banyak uang, bukan karena pintar dalam segala bidang, dan bukan karena kepopuleran. Kebahagiaan yang hakiki bisa didapat dengan menikmati proses kehidupan, baik itu cobaan, musibah, dengan senyum yang optimis. “Saya pasti bisa menghadapinya…!”. Adapun bila gagal, maka pasrahkanlah kepada Yang di Atas.

Kebahagiaan yang hakiki bisa didapat dengan berbagi kesenangan dan kelebihan kepada orang lain yang membutuhkan. Bantulah mereka yang sedang dilanda kesusahan, semampu anda. Jangan berlebihan, karena itu pun tidak baik. Bantuan yang berlebihan akan membuat orang merasa biasa bergantung atau mengandalkan orang lain. Berilah bantuan dan nasehatilah mereka supaya jangan menyerah menghadapi lika-liku kehidupan.

Yah, kalupun anda kurang setuju dengan apa yang saya utarakan di atas, itu wajar. Karena sekali lagi, karakter tiap orang berbeda-beda. Jadi, apa menurut anda tentang kata sukses? Temukan arti kata sukses pada diri anda sendiri!!

Semarang, 31/05/2008 11:22 am.

Categories: It's My Life
  1. October 14, 2008 at 8:37 am

    asslmlkm Wr Wb.Akh Hafidz yang drhmti Allah. Menurut saya sukses adalah keadaan dimana seseorang bisa bermanfaat bagi orang lain dan orang lain selalu merasa ingin mendoakan kita dalam kebaikan. Swktu SMA mnrtku km sdh ckp sukses, km bs brmanfaat dan selalu tlus mmbntu kwn2 yg sdng ssah. Km baik, bhkn kdng terlalu baik. Tp ingt psan sy, jgn smpai kbaiknmu dimanfaatkan oleh orng lain. ingt pengalaman. Teruslah menabur kebaikan tp jg ttplah mnjg izzah diri. OK!!! Wasslm.

  2. October 18, 2008 at 10:05 am

    Wa’alaykumussalam wa rohmatullohi wa barokatuh wa maghfirotu warhamhu wa ‘afihi wa’fuanhu.

    He..he..he..Masa sih. Aku dah lupa tuh. Dan kalopun inget, aku pengin banget melupakannya.
    Pokoknya, masa-masa SMA bener-bener kehancuran bagi ku, (duh kasihan banget deh gw…)

    Aku yang sekarang adalah aku yang optimis menatap masa depan yang cerah. Walaupun kata temen-temen kampusku, Aku ini orang yang sombong dan pelit ilmu.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: