Home > Civil Engineering > Apa sih yang Aku Pelajari di Tingkat I?

Apa sih yang Aku Pelajari di Tingkat I?

Seperti yang telah saya tulis di artikel sebelumnya, Teknik Sipil merupakan Teknik yang paling luas cakupannya. Dan setiap cakupan itu sama rumitnya. Jadi, nggak mungkin kita bisa melaksanakan suatu pekerjaan Sipil hanya dengan 1 orang saja.

Teknik Sipil di Politeknik ini dibagi menjadi 2 prodi (program studi), yaitu Konstruksi Gedung dan Konstruksi Sipil. Sebenarnya sih nggak ada perbedaan antara kedunya. Tapi di akhir-akhir semester nanti akan dipertajam materi mengenai pembangunan yang akan dihadapi. Kalo Konstruksi Gedung, akan mendalami bangunan gedung, seperti mall, hotel, and bangunan tingkat 3 ke atas. Trus kalo Konstruksi Sipil, ruang lingkupnya antara lain jembatan, jalan raya, bendungan, sistem drainase, dll. Secara kapasitas teori, Konst. Sipil lebih banyak bidang kerjanya. Tapi dalam kenyataannya, semua ahli Teknik Sipil dianggap sama. Dimanapun bidang kerjanya, kita ambil aja.

Trus, apa sih yang dipelajari di sini? Di awal-awal semester ini memang nggak terlalu banyak materi inti yang diberikan. Di sini kta mempelajari dulu dasar-dasar ilmu Keteknikan pada umumnya, antara lain Matematika Terapan, Fisika Terapan, Gambar Teknik, Mekanika Rekayasa. Kemudian materi penjurusan, atau materi yang erat kaitannya dengan Teknik Sipil antara lain Bahan Bangunan, Pengukuran dan Pemetaan, Mekanika Tanah, Ekonomi Teknik dan Perbengkelan.

Dari sekian banyak mata kuliah, ada dua materi yang biasa dianggep sulit sama para mahasiswa termasuk aku, yaitu Mekanika Rekayasa dan Gambar Teknik. Tapi itulah yang menjadi tantangan buatku. Yang penting aku terus berusaha, walau hasilnya nggak maksimal.

Sesungguhnya, kecerdasan dan pemahaman itu datangnya dari Allah swt. Bukan kehendak kita untuk menjadi cerdas ataupun jenius, tapi kewajiban kita untuk terus belajar. Bukan nilai yang kita cari, tapi ilmunya. Dan jangan lupa untuk selalu berdo’a kepada Allah agar selalu diberi kemudahan dalam memahami suatu ilmu dengan bernar. Itulah sebenarnya hakekat belajar…..

Semarang, 08/07/2008n 11:24 am

Categories: Civil Engineering
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: