Home > Civil Engineering > About Teknik Sipil

About Teknik Sipil

Bicara tentang teknik sipil, pasti banyak yang sudah tau, tapi ada juga sebagian yang belum kenal. Banyak anggapan ngaco tentang bidang ini. Ada yang bilang, ini jurusanya rakyat kecil non militer. Ada juga yang bilang, ini jurusan yang lulusannya bakal jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dan semua anggapan itu salah besar alias ngawur…..!!!

Setelah kurang dari 1 tahun kugeluti dunia sipil ini, aku baru tau kalo Teknik Sipil itu suatu jurusan dengan bidang yang sangat luas cakupannya. Dari yang berkaitan dengan Pembangunan, Ekonomi, Sains & Teknologi, Sosial & Budaya, Hukum, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kenapa? Karena Teknik Sipil pasti melibatkan banyak sekali orang. Karena teknik sipil tidak akan bisa berjalan jika hanya satu atau sedikit orang saja yang mengerjakan.

Mungkin aku g bisa njelasin secara sistematis apa saja yang termasuk Teknik Sipil itu. Yang pasti, menurutku, kita tidak akan bisa menggeluti semua sub-bidang yang ada di sini. Saking rumitnya dan saking banyaknya ilmu yang bakal kita dapati di sini.

Teknik sipil dalam pembangunan. Jelas……!!!! Inti dari teknik sipil ialah membangun sarana, prasarana dan infrastruktur untuk digunakan oleh masyarakat luas. Tapi dalam proses pembangunan tidak semudah yang kita lihat secara kasat mata. Ada yang namanya tahap pemetaan, penelitian, perencanaan, pelaksanaan dan perawatan. Setiap tahap hampir sama sulitnya. Membutuhkan ketelitian dan ketelatenan serta semangat kerja keras.

Teknik sipil yang hubungannya dengan ekonomi. Ini lebih banyak bergantung pada tahap perencanaan dan pelaksanaan. Jika kita salah merencanakan, maka kerugian akan didapat. Masih untung kalo kita sendiri yang rugi. Kalo kebanyakan proyek besar berasal dari pemerintah, berarti sama saja kita merugikan negara dan membuat negara semakin terpuruk.

Teknik sipil dikatakan menyangkut Sains & teknologi, artinya semakin canggih dan murah teknologi yang kita gunakan, maka semakin bermutu sebuah pembangunan. Dan kaitannya dengan sosial, budaya dan hukum, jika suatu bangunan telah jadi, namun belum tersosialisasikan kepada masyarakat dan ternyata dalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan standar/hukum yang berlaku, maka resiko yang paling tinggi yaitu pe-rubak-an bangunan yang sudah jadi……. tuh ngeriii kan..???!!!

Masih belum kebayang yah? Teknik Sipil itu sebenarnya kayak gimana? Makanya, ayo masuk ke jurusan Teknik Sipil…!

Semarang, 17/05/08 00:24 pm.

Categories: Civil Engineering
  1. November 17, 2008 at 1:32 am

    hohoho jadi inget pas awaLawaL masa kuLiah, di tanya temen…

    temen : ambiL jurusan apa?
    ak : sipiL
    temen : wah enak donk…
    ak : emang kenapa?
    temen : yah ntar klo butuh bikin suratsurat ke km aja…
    btw kok pengen seh jadi pegawe negri sipil?
    ak : —siiiinnnggggg— (*antara pengen jitak ama ketawa)

    nb. lam kenaL dr anak sipiL…anak tegaL juga hehehe ak link yah blog na…

  2. November 20, 2008 at 5:09 am

    Salam kenal juga. Oooh, kamu temennya Mas Robi yah. Yo, nanti tak link blog u….

  3. November 23, 2008 at 5:30 pm

    iyah temennya robi…anak smansa juga dulu satu angkatan ama robi hehehe

  4. February 9, 2009 at 11:10 am

    semua tergantung pelakunya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: